Selasa, 30 September 2014

Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil tanpa Mengeluarkan Biaya Mahal

Untuk membersihkan dan merawat mesin mobil bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang banyak ke salon mobil. Cara praktis, murah dan sama mengkilapnya dengan rawatan salon.
Sebetulnya, membersihkan mesin mobil hingga mengkilap dan 'fresh' dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus meluangkan waktu khusus pergi ke salon mobil. Caranya pun praktis, hanya dengan menggunakan bahan pembersih biasa yang mudah diperoleh, seperti engine degreaser, batu ijo dan sabun colek, compound, wax, dan lap.
Sebelum melakukan pekerjaan bersih-bersihnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti pada perangkat AC dan alternator. "Apabila alternator terkena air atau bahan kimia, bisa merusak kumparan yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan AC, bisa mengakibatkan perembesan yang akan merusak bagian piston AC.
Cara membersihkannya mudah, mula-mula seluruh bagian mesin mobil dilap dengan kain katun bersih, barulah lakukan pembersihan pada bagian-bagian tertentu.
Komponen pertama yang patut dibersihkan adalah blok mesin bagian bawah. caranya, oleskan larutan batu ijo yang sudah dicampur minyak tanah ke seluruh bagian blok, kemudian bersihkan dengan lap katun bersih.
Cara lainnya, blok mesin mobil dibersihkan dengan engine degreaser, lalu dilapisi lagi dengan sabun colek untuk menghaluskan permukaan bodi blok mesin tersebut. Atau bisa juga dengan sikat halus yang sudah dilapisi sabun, kemudian digosokkan ke bagian blok mesin. Untuk bagian yang sulit terjangkau, cukup menggunakan kuas lukis atau kuas cat.
Untuk komponen ruang dan bodi mesin, seperti silinder head, tutup karburator dan saringan udara, cukup dibersihkan dengan wax dan lap spon/busa. Oleskan wax secara menyeluruh ke bagian-bagian bodi mesin, termasuk juga bagian bawah kap mesin. Sesudah itu, dibersihkan dengan lap spon/busa, sehingga mengangkat seluruh kotoran sekaligus sebagai antigores.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar